Wednesday 10 April 2013

Dampak Modernisasi bagi Remaja



Dampak Modernisasi bagi remaja.



Kata modernisasi itu sendiri mempunyai arti yaitu, proses perubahan masyarakat atau kebudayaan dalam seluruh aspeknya dari yang tradisional kea rah yang lebih modern. Jadi, modernisasi itu adalah perubahan sosial yang sudah terarah atau diperbolehkan dalam masyarakat karena didasarkan pada suatu perencanaan.
Proses modernisasi sebenarnya adalah perubahan yang diunggulkan atau bermanfaat, karena modernisasi mencakup proses atau lingkupan yang sangat luas, dan kadang-kadang kita tidak dapat menetapkan batasan-batasannya
Gejala modernisasi di negara kita Indonesia dapat kita temui atau terlihat dalam berbagai aspek dalam kehidupan, baik dapat mempengaruhi gaya hidup masyarakat secara langsung ataupun juga tidak begitu mempengaruhi secara langsung anggota masyarakat itu. Terkadang juga dengan adanya modernisasi akan menimbulkan kelemahan bagi anggota masyarakatnya apalagi bagi generasi muda yang dengan mudahnya menerima segala sesuatu yang dianggapnya baik dan mempunyai manfaat lebih, karena terkadang generasi muda menerima segala sesuatu itu dengan mudahnya tanpa berfikir terlebih dahulu atau tanpa memikirkan konsekuensi apa yang akan terjadi.
Sebenarnya dampak dari modernisasi bagi generasi muda itu, ada dampak positif dan negatif. Bila kita membahas dari dampak positifnya yaitu:
  1. Dalam dunia teknologi, dengannya adanya perkembangan dalam dunia teknologi atau kemajuan teknologi sekarang generasi muda kita dapat menggunakan alat-alat keperluan dalam teknologi semakin mudah dan cepat dimengerti, tidak halnya dengan jaman dahulu. Contoh: mahasiswa dapat menyeselesaikan tugasnya dengan lebih mudah karena menggunakan laptop yang dapat dipakai atau dibawa kemana saja ketimbang pada waktu dulu masih menggunakan mesin ketik.
  2. Dalam dunia Pendidikan, kita sebagai generasi muda akan berfikir semakin kritis, berfikir lebih rasional, karena dengan adanya modernisasi menimbulkan rasa ingin tahu atau rasa yang ingin memunculkan suatu hasil yang baru.
  3. Generasi muda merasa terdorong untuk berusaha meningkatkan kemampuannya sehingga dapat ikut berperan dalam mamajukan pembangunan akibat adanya moderniasi.
Itu merupakan beberapa contoh dari dampak positif dalam modernisasi yang terjadi di negara ini. Tetapi dengan adanya modernisasi ini juga menimbulkan dampak yang negative, yaitu :
  1. Kenakalan remaja, yaitu perbuatan yang bertentangan dengan norma yang dilakukan oleh remaja. Contohnya: narkoba, hamil diluar nikah, dll.
  2. Westernisasi atau usaha yang dilakukan oleh remaja untuk dapat meniru gaya hidup orang Barat secara berlebihan. Contohnya: gaya berpakaian/ fashion.
  3. Hilangnya rasa peduli antar sesama, seperti saling gotong royong, acuh tak acuh.
  4. Memudarnya rasa cinta akan tanah air, seperti mengenal kebudayaan asli Indonesia. Lebih mementingkan mengenai hal apa yang sedang mode on terjadi di dunia.
  5. Mental generasi muda yang semakin merosot turun, karena serba instan terjadi, rasa usaha atau kerja keras semakin merosot turun, dll.


Itu adalah salah satu contoh yang terjadi atau mungkin yang kita alami, sebenarnya dari adanya modernisasi, itu adalah hal yang baik dalam mewujudkan suatu langkah yang ingin lebih maju, kita janganlah bersikap tertutup terhadap hal-hal baru dalam dunia perubahan. Tetapi kita sebagai generasi muda haruslah cermat dan pintar dalam memilih hal apa yang membawa manfaat atau pun hal apa yang malah akan merugikan kita. Tetaplah menjunjung tinggi nilai dan norma bangsa Indonesia, karena itu adalah modal terpenting dalam menghadapi perubahan global yang akan terus terjadi di dunia ini.

No comments:

Post a Comment