A.
Computer
Supported Cooperative Work (CSPW)
CSCW
adalah sesuatu cara untuk merancang suatu sistem yang digunakan untuk membantu
pekerjaan sebagai suatu group dan bagaimana memahami dampak suatu teknologi
pada pola pekerjaan mereka, CSCW juga merupakan suatu sistem yang mendukung
pekerjaan groupware.
Groupware
adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk mendukung kolaborasi bersama antar
sekelompok pengguna dalam suatu lingkungan tertentu. Groupware mewakili
software yang membantu kelompok kerja/kolega terhubung ke jaringan komunikasi
untuk mengelola aktifitas mereka. Operasi yang didukung antara lain:
penjadwalan rapat dan alokasi sumberdaya, email, e-newsletter, distribusi file
dan lain sebagainya.
Computer
Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan
Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka
yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan
mereka.CSCW memiliki tujuan yaitu :
•
Mempelajari bagaimanaorangbekerja sama
sebagaikelompok dan apa yang mempengaruhiteknologi
•
Mendukung proses pelaksanaan pekerjaan
walaupun secara geografis dipisahkan
Contoh
yang digunakan pada CSCW adalah
· Kaloborasi para Ilmuwan yang bekerja
sama pada suatu proyek
· Pengarang mengedit suatu dokumen
bersama-sama
· Programmer suatu sistem secara bersamaan
· Bekerja sama sebagai sharing atas suatu
video bersama yang conferencing aplikasi
· Para pembeli dan para penjual melakukan
transaksi secara eBay
CSCW
seringkali diasumsikan sebagai aspek yang dihasilkan dari sebuah groupware.
CSCW lebih berorientasi kepada evaluasi terhadap hal-hal yang terjadi dalam
proses interaksi antar manusia dalam sekelompok pengguna. Interaksi tersebut
antara lain:
a) komunikasi
yang normal antar manusia
· Komunikasi face-to-face
· Percakapan
b) komunikasi
berbasis teks
Komunikasi Face To Face
Pada
komunikasi face to face Tidak hanya meliputi bicara dan pendengaran, tapi juga
menggunakan bahasa tubuh dan tatapan mata.
• Personal Space
•
Kontak dan tatapan mata
•
Gerak isyarat dan bahasa tubuh
•
Back channel
•
Turn-taking
Percakapan
Terdapat
dua prinsip ucapan antara lain:
•
relevan artinya bahwa suatu ucapan harus sesuai dengan topik tertentu
•
helpful artinya suatu ucapan harus dapat dimengerti oleh pendengar dan tidak
ada ambigu dari pemahaman pendengar
Komunikasi
Berbasis Teks
Ada
4 tipe komunikasi tekstual dalam groupware:
•
discrete; pesan langsung seperti dalam email
•
linear; pesan partisipan ditambahkan pada akhir dari catatan tunggal
•
non-linear; saat pesan dihubungkan ke yang lainnya dalam model hypertext
•
spatial; dimana pesan diatur dalam permukaan dua dimensi
Kerja
Kelompok
Perilaku
kelompok lebih kompleks terutama apabila kita memperhatikan hubungan sosial
yang dinamis selama bekerja dalam kelompok.
•
Dinamika kelompok
•
Layout Fisik
•
Kognisi Terdistribusi
Daftar Pustaka
No comments:
Post a Comment