I. Pendahuluan
Internet menyediakan beragam aplikasi yang
dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Setiap aplikasi berjalan diatas
sebuah protokol tertentu. Istilah “protokol” di internet mengacu pada satu set
aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu
jaringan. Sedangkan software aplikasi yang berjalan diatas sebuah protokol
disebut sebagai aplikasi client. Di bagian ini, kita akan berkenalan secara
sepintas dengan aplikasi-aplikasi yang paling sering dimanfaatkan oleh pengguna
internet.
II.
Rumusan Masalah
1. Apa itu World Wide Web (WWW)?
2. Apa itu Electronic Mail (E-mail)?
3. Apa itu Search Engine?
4. Apa itu Chatting?
5. Apa itu Netiquette?
III.
Tujuan
1. Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan
tentang World Wide Web
2. Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan
tentang Electronic Mail (E-mail)
3. Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan
tentang Search Engine
4. Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan
tentang Chatting
5. Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan
tentang Netiquette
IV.
Pembahasan
A.
World Wide Web (WWW)
World Wide Web (WWW)
adalah aplikasi yang paling menarik di internet
dan seperti e-mail, aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan.
Dokumen Web tersebut dibuat dengan
format hypertext dan hypermedia dengan menggunakan Hypertext Markup Language
(HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen
dengan dokumen yang lain. Dokumen yang dibuat dengan HTML tersebut dapat memuat
teks, gambar, animasi, audio dan video. Aplikasi ini kadang disebut The Killer
Application atau the world is at your fingertip karena Anda
bisa mendapatkan informasi dengan
mudah sekali bukan sekadar teks bahkan gambar (images), maupun multimedia.
Dalam aplikasi ini banyak kemudahan yang dapat dilakukan antara lain memesan atau membeli suatu barang
secara online, mendaftar secara online, mencapai multimedia. Informasi yang diletakkan di WWW disebut homepage dan
setiap homepage mempunyai alamatnya masing-masing. Untuk dapat menarik
perhatian pengguna sehingga homepage dapat sering dikunjungi, maka Anda harus dibangun semenarik mungkin dan kaya
akan informasi yang jelas. Dalam hal ini
bidang seni sangat diperlukan, sehingga dunia periklanan dan dunia perniagaan
semakin sinergi.
B.
Electronic Mail (E-mail)
Electronic mail (E-mail) adalah salah satu kemudahan atau
aplikasi yang paling banyak digunakan di internet. Hal ini karena e-mail
merupakan alat komunikasi yang paling murah dan cepat. Melalui e-mail Anda dapat berhubungan dengan siapa saja yang
terhubung ke internet di seluruh dunia
dengan biaya relatif terjangkau. Konsep e-mail adalah seperti Anda mengirim surat dengan pos biasa, dengan
beralamatkan tempat yang Anda tuju. Dari
pos tersebut akan disampaikan ke pos yang terdekat dengan alamat yang dituju
dan akhirnya sampai ke alamat tersebut. Penerima hanya membuka kotak pos saja
yang ada di depan rumah, sedangkan pengirim tidak tahu apakah orang yang dituju
tersebut sudah menerima surat tersebut, sampai surat itu dibalas. Dengan e-mail
data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan sangat cepat.
Anda juga dapat mengirim file-file
seperti program, gambar, grafik dan sebagainya, dan dapat mengirim ke lebih
dari satu orang sekaligus dalam satu waktu.
C.
Search Engine
Search engine
adalah program yang digunakan untuk mencari informasi di lingkungan (realm)
tertentu dan menyimpannya dalam database. Istilah ini seringkali terlalu
dikaitkan dengan Internet search engine, yakni search engine yang didisain khusus
untuk pencarian informasi di Internet. Sebenarnya search engine bisa juga
dimanfaatkan untuk pencarian konten offline seperti misalnya katalog
perpustakaan, konten hardisk di komputer pribadi, atau katalog koleksi museum
dsb. Search engine membantu kita mengorganisir dan menampilkan informasi
sedemikian rupa sehingga informasi tsb mudah diakses.
Ada tiga hal
menyangkut search engine: crawling, indexing, dan searching. Sewaktu crawling,
search engine mencari konten baru yang tidak ditemukan pada crawl terakhir,
termasuk update file dan halaman web. Kemudian ia mengindex informasi yang
didapat, mengambil keyword lalu mengelompokkannya. Di Internet misalnya,
indexing sangat dipengaruhi oleh keyword dan meta tag yang menyediakan
informasi mengenai halaman web.
Jika informasi
sudah diindex, informasi mengenai bagaimana cara mengakses informasi tsb
kemudian disimpan dalam database. Sebagian search engine juga membuat “cache”
agar pengambilan informasi ketika diperlukan menjadi lebih mudah. Ketika kita
melakukan pencarian, search engine kemudian menampilkan hasil yang diperluas
berdasar relevansinya. Pencarian “apel” misalnya, akan memunculkan hasil
mengenai hal-hal yang berkaitan dengan apel, termasuk misalnya, “apa itu apel?”
demi kenyamanan pengguna.
Walau semua
search engine bekerja dengan cara serupa tetapi kegunaannya bisa cukup
bervariasi. Search engine didasarkan pada algoritma kompleks untuk menentukan
relevansi hasil pencariannya, terutama hasil pencarian keyword-keyword generik.
Pengguna cenderung lebih menyukai search engine yang menampilkan hasil
pencarian seperti yang mereka harapkan. Google, Yahoo, Lycos dan Altavista
misalnya, berlomba melengkapi fitur masing-masing search engine-nya agar hasil
pencarian yang ditampilkan lebih relevan dan lebih disukai penggunanya.
D.
Chatting
Chatting adalah
sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan
yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komunikasi terjalin
melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan
pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi
secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu
atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter
lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client,
diantaranya yang paling populer adalah software mIRC. Ada juga beberapa variasi
lain dari IRC, misalnya apa yang dikenal sebagai MUD (Multi-User Dungeon atau
Multi-User Dimension). Berbeda dengan IRC yang hanya menampung obrolan,
aplikasi pada MUD jauh lebih fleksibel dan luas. MUD lebih mirip seperti sebuah
dunia virtual (virtual world) dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi
seperti halnya pada dunia nyata, misalnya dengan melakukan kegiatan tukar
menukar file atau meninggalkan pesan. Karenanya, selain untuk bersenang-senang,
MUD juga sering dipakai oleh komunitas ilmiah serta untuk kepentingan
pendidikan (misalnya untuk memfasilitasi kegiatan kuliah jarak jauh).
Belakangan, dengan semakin tingginya kecepatan akses internet, maka aplikasi
chat terus diperluas sehingga komunikasi tidak hanya terjalin melalui tulisan
namun juga melalui suara (teleconference), bahkan melalui gambar dan suara
sekaligus (videoconference). beberapa aplikasi Chat yang sering digunakan antara lain yahoo messenger, Google
Talk, Skype, Facebook Chat, Oovoo dan lain sebagainya
E.
Netiquette
Netiquette
dapat diartikan sebagai Internet Etiquette atau Social Network Etiquette.
Netiquette merupakan sebuah aturan dalam berinternet, pada umumnya diera modern
ini semua orang pasti menggunakan internet dalam berbagai kegiatannya dari
mulai pekerjaan, mencari sumber informasi, berinteraksi dengan teman, dan
banyak lagi. Oleh sebab itu diperlukan aturan dalam berinternet agar pengguna
mengetahui bagaimana batasan dan cara yang benar dalam menggunakan atau
memanfaatkan internet dengan baik.
Adapun Pengertian dari Flamming, Trolling,
Junking
1.
Flamming
Flaming adalah sebuah tindakan provokasi atau
mengejek ataupun melakukan penghinaan terhadap seseorang atau sebuah komunitas
yang menyinggung pengguna internet lain, yang dapat memicu pertengkaran di
sosial media. Daerah yang paling umum di mana flaming terjadi adalah forum
diskusi online, yang juga disebut buletin board.
Contoh Kasus : topik forum diskusi dapat “Memilih motor
merk A atau merk B.” Beberapa pengguna motor merk A dapat memposting pesan
sombong tentang kecanggihan dari merk A tersebut, yang pada gilirannya
mendorong respon dari pengguna motor merk B seolah tidak mau kalah. Pengguna
merk A kemudian dapat membalas lagi dengan menjelek-jelekkan merk B sehingga
berujung perang.
2.
Trolling
Trolling adalah sebuah pesan atau komentar
yang sering disalah gunakan oleh pengguna internet yang bertujuan untuk
membangkitkan tanggapan emosional atau kemarahan dari pengguna lain, biasanya
sering digunakan dalam debat-debat panas, memojokkan lawan diskusi bahkan untuk
mereka yang tidak tahu etika dalam penggunaan Internet. istilah ini juga sering
disalahgunakan untuk memojokkan lawan diskusi untuk debat debat panas dan sering
juga disalahterapkan untuk mereka yang tidak perduli terhadap etika. Trolling
sering di dekskripsikan sebagai versi online dari eksperimen pelanggaran,
dimana batas-batas dan aturan etika diabaikan. Mereka yang mengaku sebagai
troll sering memposisikan diri untuk menantang pendapat umum atau asumsi umum
dari forum yang mereka ikuti, dengan tujuan untuk mengalihkan atau mengenalkan
cara berpikir yang baru.
Contoh Kasus : komentar seseorang ketika melihat temannya
memasang foto yang berbeda dengan yang aslinya “ bro kok foto lu di twitter
jadi cakep amat? Lu edit pake photoshop ya?”
3.
Jungking
Junking atau junk adalah kata-kata yang tidak
berguna dan di posting kedalam sebuah media sosial. Terkadang pengguna internet
menamakannya dengan spamming atau spam. Junking ini juga biasanya terjadi pada
email yang sering disebut junk mail.
Contoh Kasus : sekarang semakin banyak
Junker. banyak akun akun yang tidak jelas yang sering melecehkan orang lain di
dunia maya. contohnya di twitter sering saya temui . Pada saat itu ada akun
dari Malaysia yang juga berbahasa Malaysia melecehkan Indonesia, Begitupun
sebaliknya. Adapula artis yang menjelek jelekkan sesama artis di media sosial
yaitu "twitter" yang berujung dengan pertengakaran di dunia nyata
akhirnya.
V.
Kesimpulan
Sejalan dengan meningkatnya peranan informasi
dalam bisnis maupun teknologi, akses terhadap sumber dan jaringan informasi
menjadi semakin penting bagi para profesional. Internet adalah jaringan
informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini
dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah
seharusnya para profesional mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui
jaringan ini.
VI.
Daftar Pustaka
No comments:
Post a Comment