Friday 16 November 2012

Manusia dan Penderitaan


Manusia dan Penderitaan

 



Penderitaan ataupun cobaan dalam hidup, bukanlah akhir dari segalanya. Setiap peristiwa atau kejadian yang kita alami dalam hidup semuanya atas seizin Tuhan. Semua bukanlah takdir, tetapi dibalik peristiwa tersebut ada hikmat yang dapat kita ambil. Kita harus percaya pada Tuhan, bahwa Ia mempunyai rancangan-rancangan yang ajaib dan indah dalam hidup kita.

Hidup kita adalah anugerah, pemberian dari Tuhan dengan cuma-cuma. Nafas kehidupan yang kita hirup setiap hari, setiap jam, ataupun detik itu juga adalah anugerah. Kita harus bersyukur kepada Tuhan untuk apapun yang terjadi dalam hidup.

Jika kita berada dalam keadaan yang terpuruk, merasa penderitaan yang dialami tidak ada jalan keluar. Janganlah pasrah dan membiarkan semuanya itu terjadi begitu saja. Coba renungkan dalam diri kita. Tindakan apa yang harus kita ambil. Jangan sampai kita mengambil tindakan salah dan membawa kita ke ujung jalan yang salah, keadaan yang lebih kacau.

Cara mengatasi cobaan dalam hidup yang salah, yaitu :
  • Patah semangat atau hilangnya harapan,


Orang-orang yang telah berfikir seperti ini terlebih dahulu, tidak akan sampai pada akhir yang diinginkan, karena ia telah memandang buruk atau pesimis terlebih dahulu. Ia akan gagal seterusnya.
  •   Menutup diri,

Membiarkan semuanya terjadi begitu saja.
  •   Menghibur dirinya dengan hal yang salah,

Melupakan segala cobaan yang ia hadapi dan melupakannya. Menghibur dirinya dengan hal-hal yang memberikan kesenangan sementara, yang berhubungan dengan duniawi. Contohnya salah dalam pergaulan, akhirnya akan membawa dampak negatif bagi dirinya sendiri.

Cara yang baik dalam menghadapi situasi atau keadaan seperti ini, yaitu :



  • Berdoa dan meminta petunjuk Tuhan,

Ini adalah langkah yang sangat tepat untuk memintra bantuan Tuhan
  •  Mau menyelesaikan
  • Tidak berfikir hal-hal yang buruk terlebih dahulu


Dengan begitu kita dapat melewati segala cobaan atau penderitaan yang kita alam, asalkan dengan tindakan yang tepat yang kita ambil. Yakin bahwa dibalik ini semua Tuhan punya rencana yang indah.







No comments:

Post a Comment